Minggu, 11 Oktober 2015

PERENCANAAN PARWISATA SEBUAH SISTEM




                


 PARIWISATA SEBAGAI SEBUAH SISTEM
( STUDI KASUS OBJEK WISATA PANTAI NAMBO DI KOTA KENDARI )
Keindahan  Dan Kenyamanan Dari Pantai Nambo

Pantai Nambo adalah sebuah Pantai Indah yang jaraknya ± 12 km dari kota Kendari atau sekitar 15 menit kearah Selatan Kota Kendari dengan menggunakan Kendaraan Roda Dua atau Roda Empat dan dapat pula menggunakan Perahu Tradisional Katinting sekitar 15 menit dari Pelabuhan Kota Kendari menyusuri Teluk Kendari.
Pantai ini diminati banyak pengunjung karena letaknya relatif dekat. Pantai Nambo memiliki Pasir Putih yang Landai dan Suasana yang Tenang, Udara yang Sejuk dan Panorama yang Menkajubkan sehingga tempat ini selalu merupakan pilihan masyarakat Kota Kendari untuk melepas Kejenuhan dan Rutinitas sehari-hari pada akhir pekan, ditempat ini telah disediakan Tempat Parkir, Gazebo, Tempat Bilas Mandi dan Pedagang Tradisional yang menawarkan berbagai jenis daganganya.
Menurutnya, Pantai Nambo selalu dipenuhi dengan Wisatawan, baik Lokal maupun Luar Daerah terutama pada hari libur yaitu Sabtu dan Minggu.
                

Component
Pantai ini merupakan salah satu pantai yang ada di Kota Kendari. Dengan sejumlah fasilitas yang tersedia di pantai ini baik itu dengan tersedianya sarana maupun prasarana yang memadai sehingga memudahkan pengelolah baik itu dari pemerintah maupun pengusaha didalam pengembangan pariwisata. Adanya objek wisata yang terletak di pantai ini seperti terdapat pasir putih yang landai dan terciptanya suasana yang tenang, terdapat terumbu karang yang sangat indah serta adanya gazebo yang nyaman sehingga membuat para wisatawan memiliki daya tarik tertentu pada pantai ini. Serta tersedianya aksesbilitas atau jangkauan yang memudahkan bagi para pengunjung wisata.
Interrelated
Pengalihan ( perubahan ) pemanfaatan ruang yang ada di pantai nambo ini yang pada mulanya hanya sebagai kawasan pencaharian para nelayan untuk menafkahi keluarga mereka. Berjalannya waktu dan semakin berkembangnya kawasan ini sehingga membuat masyarakat sekitar serta adanya dukungan dari pemerintah yang mempunyai inisiatif untuk mengalihkan kawasan ini sehingga yang pada awalnya hanya sebagai tempat pencaharian para nelayan sekitar menjadi salah satu kawasan pariwisata yang ada di Kota Kendari. Mejadikan kawasan ini menjadi kawasan pariwisata merupakan kebijakan dari pemerintah dengan tidak menghilangkan dan tidak memberhentikan para nelayan mencari nafkah. Wisatawan, industri wisata, serta destination merupakan factor komponen dalam pariwisata, factor inilah yang menjadikan pantai ini salah satu kawasan pariwisata. Wisatawan yang berkunjung baik itu wisatawan lokal maupun luar daerah menjadi nyaman untuk melepas kejenuhan serta adanya sambutan yang baik dari masyarakat sekitar kepada wisatawan tersebut. Terdapatnya industri wisata yang dapat melayani atau menyediakan barang-barang khas daerah ( tradisioanl ) sehingga membuat para wisata meminati untuk membeli barang tersebut sebagai kenang-kenangan dari pantai nambo ini. Memiliki tujuan atau destination dari pemerintah daerah merupakan salah satu factor yang mendorong pemerintah didalam melakukan pengembangan di kawasan wisata tersebut dengan keterbatasan yang dimiliki oleh pemerintah baik itu didalam keterbatasan ekonomi, dll
Dynamics
Dinamika kawasan pariwisata ini sangat mempengaruhi didalam pengembangan kawasan pariwisata ini. Adanya culture masyarakat sekitar yang menjadi pusat perhatian bagi wisatawan dan menjadi salah satu daya tarik pengunjung wisatawan didalam mengunjungi kawasan ini. Pengaruh masyarakat terhadap adanya kawasan parawisata ini ditanggapi dengan baik karena tidak lain memperkenalkan atau mempromosikan adanya potensi pariwisata terhadap masyarakat luar, dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan pemerintah daerah. Aktivitas serta mendukungnya aksesbilitas, sarana dan prasanara yang tersedia sehingga mendukungnya didalam dinamika pengembangan kawasan pariwisata ini.
External Environment
Pengaruh masyarakat sekitar maupun luar dengan adanya kawasan pariwisata ini mendapat tanggapan baik dan mempunyai dampak positif dari masyakat karena tidak adanya perusakan lingkungan khususnya di lingkungan bahari. Terletak dekat dengan kota kendari yang menjadikan kawasan ini mudah dijangkau masyarakat luar serta tersedianya aksesbilitas yang baik. Dampak positif yang dapat diterima masyarakat sekitar salah satunya adalah meningkatkan perekonomian bagi masyarakat maupun pemerintah dan menjadikan kawasan pariwisata ini mendapat perhatian baik dari masyarakat luar. Adanya industri wisata, mebuat peluang bagi masyarakat untuk bekerja sehingga dapat meminimaliz para penggangguran.


#SLAMAT MEMBACA DAN MENIKMATI,,,,HAPPY GOOD DAY


Label:

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda